Minggu, 31 Oktober 2010

YUK !! Lihat Ruang Kerja Thomas Alva Edison

Siapa yang tidak kenal dengan Thomas Alva Edison, penemu yang paling produktif dimasanya. Beliau juga terkenal sebagai pendiri dari General Electric yang sekarang adalah salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia. Penemuannya antara lain Lampu Pijar, phonograph, film bergerak, baterai alkaline, rumah semen, dll. Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Berkat penemuannya pula ia termasuk Miliuner dan orang berpengaruh di masanya.



Mungkin namanya sudah tidak asing di telinga kita berkat penemuan-penemuan hebatnya, tapi tahukah kalian tempat dimana saksi sejarah atas penemuanya tersebut?, yaitu tempat laboratorium dan bengkel kerjanya?.

Sekarang tempat tersebut bernama Thomas Edison National Historic Park yang berlokasi di West Orange, New Jersey.



Pada pintu masuk laboratorium tersebut terdapat mesin absensi dan jam yang mencatat absen para pekerja Lab termasuk Thomas Alva Edison sendiri. Menurut catatan Thomas Alva Edison bekerja antara 80 – 100 jam seminggu di Laboratorium dan Bengkel kerjanya tersebut.


Disini kita lihat deretan corong phonograph (Gramofon) awal hasil penemuannya. Sekedar informasi phonograph adalah alat untuk merekam suara dan memutarnya kembali, hasil rekaman pertama kali yang dihasilkan alat tersebut adalah “Mary Had a Little Lamb”..



Inilah Gramofon pertama di dunia, diciptakan pada tahun 1887.



Ruang Kerja sekaligus perpustakaan yang memuat literatur dan tempat menyimpan berbagai macam memoribilia dan trofi penghargaan yang diterima.



Meja kerja Thomas Alva Edison.



Salah satu Penghargaan yang diterima dari Academy of Motion Picture Arts & Sciences atas jasanya dalam hal penemuan film bergerak.



Ini adalah ruang peralatan, karena Thomas Alva Edison adalah penemu yang mempunyai visi kedepan, maka alat-alatnya pun unik dan tidak biasa.



Rak Peralatan di Bengkel Kerja Thomas Alva Edison.



Kumpulan mesin berat di bengkel kerja tersebut. Alat yang digunakan termasuk canggih pada jamannya.



Salah satu mesin yang digunakan.



Penampakan salah satu sudut dari bengkel kerja Thomas Alva Edison



Projektor dikiri dan Gramafon di kanan.



Studio Film pertama Thomas Alva Edison.



Kumpulan botol kimia masih di jaga keaslian serta keadaanya.



Tabung percobaan di Laboratorium kimia.



Tidak jauh dari Lab dan bengkel kerjanya terdapat “Glenmont” yaitu Rumah mewah tempat Thomas Alva Edison dan Istrinya Mina Miller tinggal.



Di dalam rumah ini pula terdapat makam Thomas Alva Edison beserta Istri.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar